Home » » Belajar Desain Grafis

Belajar Desain Grafis

Written By Ahmad TS on Senin, 18 Oktober 2010 | 13.34

Desain grafis yang paling mudah dipelajari itu adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi grafis bernama CorelDraw, yaitu sebuah aplikasi grafis yang berorientasi obyek. Kelebihan CorelDraw; selain mudah dipelajari, juga terdapatnya fasilitas berupa menu yang cukup banyak dan lengkap. mudah dikenali dan mudah digunakan. Hampir setiap keperluan kita tersedia di menu-menu tersebut, dan setiap klik tombol kiri atau kanan mouse pun, selalu memunculkan banyak menu. Oleh sebab itulah, CorelDraw sangat popular dikalangan para perancang/desainer grafis, terutama di dunia percetakan,
Di dunia percetakan, CorelDraw telah menjadi aplikasi paling utama dan paling banyak digunakan dalam mendesain grafis, sedangkan beberapa aplikasi desain yang lain seperti Photoshop, Macromedia FreeHand, Page Maker, dsb. lebih bersifat sebagai aplikasi pendukung (walaupun tetap tidak bisa ditinggalkan, karena tetap diperlukan).
Metoda yang saya gunakan dalam belajar mendesain adalah metoda “Belajar Sambil Praktek”, yaitu: jika saya mendapatkan pesanan/order barang cetakan, biasanya order tersebut disertai dengan contoh yang sudah jadi atau berupa sketsa gambar. Maka, setelah saya buka aplikasi desain di komputer, saya lihat contoh jadi/sketsa gambar tadi, lalu saya cari di menu yang sesuai dengan gambar pada desain di contoh tadi, dan setelah ketemu satu per satu akhirnya desain lengkap pun jadi, lalu simpan dan selesai.
Jika saya ada kesulitan dan tidak menemukan sendiri, biasanya saya cari di buku tutorial desain grafis yang telah saya beli, dan jika belum menemukan juga, maka saya pergi membawa desain ke tempat desainer grafis yang biasa, lalu saya perhatikan caranya mendesain, atau saya minta bantuan teman yang sudah bisa. Tapi hal ini tidak berlarut-larut, hanya 2 atau 3 kali-an, karena akhirnya saya bisa sendiri.
Saat ini, apapun bentuk desain yang harus saya kerjakan, insya Allah saya selalu bisa mengerjakannya sendiri, walaupun tentu tidak semahir mereka para desainer grafis professional. Demikian juga tentunya dengan Anda yang berminat untuk mempelajari desain grafis…
Semoga bermanfaat…!!! (Ahmad)
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

17 Februari 2011 pukul 03.15

boleh minta tips-tips desain y mas...saya baru ja berkecimpung d dunia desain grafis nih...
softwere yg saya gunakan adobe photoshop..
kalo bisa skalian tutorial y..hehee
trimakasih sblm y...

17 Februari 2011 pukul 16.23

@desain grafis : boleh, silahkan baca2, saya juga menggunakan Adobe Photoshop dan juga CorelDraw. Trima kasih udah mampir n komen.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Abib Visual Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger