Home » » Pengenalan Dasar CorelDraw

Pengenalan Dasar CorelDraw

Written By Ahmad TS on Minggu, 28 November 2010 | 18.20



CorelDraw adalah aplikasi design grafis yang digunakan untuk membuat berbagai macam design seperti logo, kartu nama, kalender, poster, stiker, spanduk, baliho dan lain-lain. Bayangan orang awam, belajar Coreldraw sangat sulit, oleh karena itu banyak dibuka kursus design grafis dengan harga yang mahal. 




Langkah awal untuk memulai corelDraw adalah
1. Klik Start ---- All Program ---- CorelDRAW Graphics Suite X3 ---- CorelDRAW X3

2. Klik New Graphic ---- tunggu beberapa saat, sehingga muncul tampilan sebagai berikut : 
 


3. Penjelasan tentang tampilan diatas
 
 

TITLE BAR
Memberi informasi tentang nama file dan aplikasi yang sedang dibuka. Pada ujung pojok kanan atas terdapat tombol Maximize Button untuk membuat tampilan CoreDraw satu layar penuh, Minimize button untuk meletakkan program pada Taskbar menu, sedangkan Close button untuk mengakhiri program. 
 
MENU BAR
Menu Bar adalah barisan menu yang terdiri dari File, Edit, Layout, Type, Element, Utilities, View, Window dan Help. Semua perintah-perintah terdapat pada menu menu tersebut. 
 
STANDARD TOOL BAR
Perintah - perintah yang sering digunakan dapat juga diakses melalui Standard Tool Bar. Pada Standard Tool Bar terdapat icon - icon perintah yang sering kita gunakan, misalnya untuk membuat file baru, membuka file, menyimpan, mencetak dan sebagainya. Hanya dengan klik sekali pada icon yang dimaksud maka perintah akan langsung dijalankan oleh CorelDraw. 
 
PROPERTY BAR
Property Bar merupakan baris perintah yang unik, karena tampilannya akan selalu berubah dan perintah-perintah yang ada didalamnya akan menyesuaikan dengan icon yang sedang aktif pada tool Box. Misalnya tool Box sedang aktif pada Zoom Tool, maka akan memunculkan property dari Zoom tool, demikian juga dengan tooltool yang lain. Disini kita akan dapat lebih cepat dalam mengakses perintah-perintah yang berhubungan dengan tool yang sedang aktif. 
 
RULER
berfungsi untuk membantu kita dalam membuat desain dengan ukuran yang tepat. karena terdapat mistar horizontal dengan satuan ukuran yang dapat kita ubah sewaktu-waktu. 
 
PRINTABLE AREA
merupakan area dimana desain kita diletakkan untuk dicetak. Untuk mendesain kita boleh di luar printable area, namun ketika akan dicetak maka harus dimasukkan ke printable area tersebut. 
 
COLOR PALETTE
Warna merupakan unsur penting dalam sebuah desain grafis. Corel Draw memberikan berbagai kemudahan untuk mengakses dan memilih berbagai model warna. Kita dapat mengakses tool-tool warna melalui on-screen color palette, Color dialog box, maupun Color Roll-upuntuk memilih warna isi, outline, kertas dan lain-lain. Namun langkah yang tercepat untuk mengakses warna adalah melalui On-screen color palette yan gtesedia di sebelah kanan window. 
 
TOOL BOX
merupakan barisan icon yang menyimpan berbagai macam perintah untuk pembuatan obyek dasar, editing obyek, efek-efek interaktif dan lain lain. 
 
STATUS BAR
Memberikan informasi tentang operasi yang sedang dilakukan, koordinat posisi mouse berada dan juga informasi tentang warna pada obyek yang sedang diaktifkan, baik warna fill maupun outline. Yang perlu diperhatikan pada setiap bagian window Corel Draw adalah, kita dapat mengakses suatu perintah melalui berbagai cara yang kita sukai. Misalnya untuk membuat file baru, dapat memalui menu bar, tool bar, maupun menggunakan perintah Short Cut. 
 
TOOL BOX
Tool Box merupakan sarana utama pada Corel Draw. Tool Box menyimpan berbagai perintah perintah untuk membuat obyek dasar, editing obyek, memberikan efek-efek interaktif dan lain-lain. 
Share this article :

+ komentar + 27 komentar

30 November 2010 06.04

wah keren blognya,, lanjutkan kreasinya, di tunggu artikel berikutnya..

30 November 2010 09.52

@Trik dan tips seputar internet : Trima kasih udah mampir dan memberikan komen.
Saya akan berusaha untuk meningkatkan kualitas blog ini. Nanti saya mampir.

20 Januari 2011 18.06

ma...kasih bang udah zenguk ane g. mana ane masih keder nyari2 tulisan brgmbar berjala alias marquee ksih tau ya bang amaaaaat cakep ma ksih biar tmbh maju blog ente

21 Januari 2011 10.34

@Bank Husni : makasih juga bwt Bank Husni atas komen nya. O iya kalo mao buat tek berjalan sebetulnya banyak sih yang udah membuat turorialnya, silahkan cari di google dengan kata kunci : cara membuat teks berjalan.
Amiiin. Makasih Bank sukses juga buat abang.

5 Mei 2011 17.28

thanks ya sobat.bleh jga nih buat bahan dasar blajar corel..hehe..jgn lupa jga komen balik di blogku ya

4 Agustus 2012 10.13

pas bgt ni sob..
saya lg coba2 belajar corel..
di tunggu smua trick2 nya ni sob..

21 Desember 2012 10.39

informasi yang bagus dan menarik

8 Juli 2013 11.28

oke banget gan

keren abis

top deh

8 Juli 2013 11.46

mantap deh

oke sip deh

8 Juli 2013 11.57

sip makash yaa

8 Juli 2013 12.40

infonya keren banget niihh

8 Juli 2013 12.43

mantep bnget nih infonya

8 Juli 2013 12.51

good article

8 Juli 2013 12.55

top markotop

8 Juli 2013 12.58

infonya menarik sekali

8 Juli 2013 13.01

mantap bener niihh artikelnya

keren daahh

thnks for your article

8 Juli 2013 13.16

thnks bnget postingannya

thanks for information
http://goo.gl/9Kzpfz

sip oke infonya
http://goo.gl/H9BZLx

2 Mei 2014 08.39

Terimakasih untuk informasinya

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Abib Visual Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger