Home » » Apa itu Kreatifitas?

Apa itu Kreatifitas?

Written By Ahmad TS on Selasa, 09 November 2010 | 13.04

Jadi, Apa itu KreatifitasDesain grafis adalah salah satu bidang yang tercakup kedalam industri kreatif. Disebut "kreatif" karena desainer grafis dituntut untuk mencari solusi dan menemukan ide-ide yang tepat untuk memecahkan masalah. Lalu, apa itu "kreatifitas"!? Bagaimana yang disebut dengan orang-orang kreatif!? Pada Artikel ini, kita akan menguraikan lebih jauh tentang apa itu kreatifitas, ciri-cirinya, dan bagaimana proses untuk menciptakan ide-ide yang kreatif.
thumbnail image source




Jadi, Apa itu Kreatifitas?

Kreatifitas adalah kemampuan untuk membayangkan atau menciptakan sesuatu yang baru dan lain dari pada yang lain. "baru" disini bukan berarti sama sekali baru, tapi mungkin ide-ide yang telah ada sebelumnya diolah, digabungkan, diubah, dan dikembangkan kedalam suatu gaya baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Saya jadi kembali teringat kepada kutipan menarik dari Albert Einsten :


"The secret to creativity is knowing how to hide your sources"

"Rahasia dari kreatifitas adalah mengetahui bagaimana menyembunyikan sumber yang kamu dapatkan"


Kutipan tersebut secara tidak langsung mengatakan bahwa tidak ada yang baru yang bisa ditemukan oleh manusia, hanya Tuhan yang bisa melakukan itu. Pada dasarnya, manusia adalah makhluk peniru dan selalu terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya. Begitu juga halnya dengan kreatifitas, yang tidak lain hanyalah penggabungan dan pengembangan segala sesuatu yang telah ada sebelumnya.

Jadi, Apa itu Kreatifitas

Percaya atau tidak, setiap orang dilahirkan dengan kemampuan untuk berkreasi dan menjadi kreatif. Namun beberapa faktor seperti lingkungan, aturan, dan kebiasaan cenderung mengubah prilaku kita untuk hidup terlalu serius dan berada di dalam tekanan. Sedangkan kreatifitas adalah sesuatu yang membutuhkan ruang dan waktu yang cukup untuk bisa diwujudkan.


Ciri dari Kreatifitas

Orang-orang kreatif terbuka untuk perubahan dalam hidup. Mereka biasanya sangat penasaran dan menghabiskan banyak waktu untuk mencoba berbagai ide dan kemungkinan. Orang yang kreatif percaya bahwa "dunia ini baru setengah jadi", dan sisanya adalah tugas mereka untuk menemukan dan mengembangkannya, dan kegagalan hanyalah sebuah proses yang harus dilalui untuk mencapai tujuan.

Jadi, Apa itu Kreatifitas


Kreatifitas adalah Proses dan Kerja Keras

Apakah kamu adalah salah satu tipe orang yang mencari inspirasi dan ide kreatif dengan nongkrong lama di toilet!? Kalau begitu kita sama! :D Tidak salah memang, situasi tertentu kadang bekerja cukup ampuh dalam mentransfer ide kreatif ke dalam imajinasi kita. Tapi kreatifitas adalah sesuatu yang membutuhkan proses. Orang kreatif terus menerus berusaha menigkatkan imajinasi melalui rangkaian eksperimen yang terkadang tersandung oleh banyak liku-liku yang biasa dikenal dengan kegagalan.

Kreatifitas juga membutuhkan waktu untuk diwujudkan. Pernahkan kamu mendengar kalimat "Ide muncul tiba-tiba"? Sebenarnya itu bukanlah ide yang selintas muncul tanpa sebab dan alasan. Ide tersebut berasal dari pengalaman tentang apapun yang kita lihat, dengar, rasakan dan dimunculkan kembali dalam rentang waktu yang tidak terduga. Sehingga, seolah-olah ide tersebut muncul dan hinggap di pikiran dengan tiba-tiba.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Abib Visual Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger