Home » » Belajar Membuat Shapes di CorelDraw X4

Belajar Membuat Shapes di CorelDraw X4

Written By Ahmad TS on Jumat, 17 Desember 2010 | 17.27

Disini saya akan berbagi cara membuat shapes dalam Coreldraw X4. shapes disini diartikan adalah bentuk dasar dari sebuah objek misalnya persegi ataukah lingkaran dan sejenisnya. Dan untuk membuatnya anda hanya perlu satu langkah di corel draw, karena memang corel draw sudah menyediakan tool untuk membuat shapes secara instan. tapi andapun harus mempraktekkanya kalau anda ingin bisa. karna pada dasarnya dalam desain grafis itu. intinya adalah praktek, praktek dan praktek alias formula 3p. maka dengan sendirinya anda akan bisa. Baiklah langsung saja kita pelajari bagaimana membuat shapes.
langkah langkahnya :
1. Kita asumsikan bahwa anda sudah menginstall corel draw dalam computer anda
2. Bukalah software corel draw
3. Setelah terbuka dan muncul pop up window klik new
lalu akan muncul sebuah halaman baru, karna ini masih pertama. 
kita hiraukan saja soal ukuran halaman.


langsung menuju toolbox drawing yang letaknya ada di kiri layar


kira kira seperti ini toolboxnya dan yang ditandai warna merah itulah yang bisa kita sebut dengan shape tool, bentuknya macam macam ada rectangle, circle, custom shapes, star dll
untuk  menggunakanya kita hanya perlu mengklik toolnya lalu tahan dan drag ke area drawing, maka dengan sendirinya anda sudah menggambar shapes.

dan ingat. di setiap tool juga mempunyai sub tool yang bisa anda munculkan setelah anda klik agak lama di tiap icon tool, misal di star tool jika anda mengklik agak lama maka anda akan menemukan polygon tool, graph paper tool, spiral tool dan complex star tool.
namun setiap objek yang anda buat selalu tidak simetris. itu karena merupakan settingan standard dari corel draw. dan bila anda ingin shape anda simetris, maka anda harus menahan CTRL agar shapes senantiasa simetris.

setelah anda membuat shapes dan anda ingin membuat shapes anda memiliki warna maka anda perlu perhatikan toolbar color di samping kanan layar. lalu anda klik dulu objek yang akan diberi warna sehingga objek menjadi terseleksi, setelah itu barulah anda bisa memilih warna objek dengan color pallete tadi.
anda hanya perlu klik kiri untuk memberi warna isi objek, dan anda perlu klik kanan untuk memberi warna stroke objek / garis objek.

Untuk membuat Basic shapes yang lain, setelah anda memilih basic shapes lalu klik tombol perfect shape, seperti gambar di bawah ini :








nah membuat shape cukup mudah bukan, berlatihlah membuat shape yang lain dengan mengatur settingnya di properti bar. ok.
Berikut beberapa contoh shapes :
















Selamat berlatih ... !!!
Share this article :

+ komentar + 3 komentar

Anonim
18 Desember 2010 pukul 22.46

kalo di photoshop gmana ya bang......

18 Desember 2010 pukul 23.26

@agusthiar : sebelumnya saya ucapkan trima kasih buat bang agusthiar atas attensinya. Untuk membuat shape di photoshop insya Allah saya akan posting secepatnya.

22 Agustus 2011 pukul 13.36

nice share gan

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Abib Visual Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger