Home » » Mantan Karyawan Nokia Luncurkan Jolla Saingi Android

Mantan Karyawan Nokia Luncurkan Jolla Saingi Android

Written By Ahmad TS on Sabtu, 30 November 2013 | 15.33


DREAMERSRADIO.COM - Meski masa jaya Nokia sebagai raja ponsel telah pudar, tetapi para mantan karyawan Nokia yang tergabung dalam perusahaan Jolla akhirnya resmi meluncurkan smartphone pertamanya. Ponsel perdana ini pertama kali di jual di Finlandia dan akan bersaing dengan Android.

Dilansir dari BBC, Smartphone Jolla ini dibanderol dengan harga sekitar 399 euro. Pada penjualan perdananya, Jolla hanya tersedia sekitar 450 unit ponsel yang dipasarkan pada toko di Helsinki, Finlandia.

Sementara itu, smartphone ini menggunakan sistem operasi baru yang mereka beri nama Sailfish. OS ini merupakan modifikasi dari Meego, sistem operasi yang ditinggalkan Nokia karena lebih memilih OS garapan Microsoft, Windows Phone.

Para pendiri Jolla yakin bahwa Meego punya potensi besar sehingga mereka mendirikan Jolla.  OS Sailfish yang berbasis open source ini dirancang dapat menjalankan banyak aplikasi Android. Bahkan kedepannya, diharapkan banyak pengembang akan berdatang membuat aplikasi untuk sailfish.
“Setiap orang di sini sangat ingin untuk melanjutkan Meego,” ungkap Antti Saarnio, Chairman Jolla.
Ponsel Jolla ditenagai prosesor dual core 1,4 GHz Qualcomm, RAM 1GB, memori internal 16GB, slot microSD, kamera 8 megapixel serta punya layar 4,5 inch resolusi 960 x 540 pixel.

“Ini memang pertarungan antara Daud melawan Goliat. Namun jika Jolla bisa menekan harga, ada segmen yang antusias dengan produk ini. Ia bisa saja sukses,” terang Geoff Blaber, analis dari CCS.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Abib Visual Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger