Home » » Ratusan Narablog Nusantara Berkumpul di Makassar

Ratusan Narablog Nusantara Berkumpul di Makassar

Written By Ahmad TS on Minggu, 11 November 2012 | 11.31


TEMPO.CO, Makassar - Sebanyak 600 orang narablog Nusantara berkumpul di Makassar dalam acara Kopdar Blogger Nusantara 2012, Ahad, 11 November 2012. Mereka mengikuti pelatihan dan workshop blogging serta penulisan kreatif. 


Acara ini juga dihadiri narablog pemula yang ingin serius menekuni narablog sebagai profesi. Ketua panitia pelaksana yang juga Ketua Komunitas Blogger Anging Mammiri, Syarifullah Daeng Gassing, mengungkapkan, kegiatan ini merupakan ajang keakraban para penggiat dunia maya. »Mereka bertemu langsung sebagai bukti nyata persahabatan,” ujar Syariful.


Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Kopdar Blogger Nusantara 2011 yang diadakan di Sidoarjo tahun lalu. Peserta berasal dari beberapa daerah di Nusantara. Meskipun ditujukan bagi para narablog, acara ini juga terbuka untuk umum, terutama bagi mereka yang tertarik dengan kegiatan blogging dan gemar menggunakan Internet. Peserta dari kota-kota di luar Makassar, menurut Syarifullah, datang dengan biaya sendiri.


Pelatihan yang diberikan berlangsung selama tiga hari sejak 9-11 November. Hari pertama digunakan sebagai kegiatan pre-event; hari kedua penyambutan peserta dari luar Makassar; dan hari ketiga digunakan untuk melakukan kegiatan jalan-jalan serta mengunjungi beberapa lokasi wisata di Makassar.


Menurut Syariful, selain menjalin keakraban, kegiatan Kopdar Blogger Nusantara ini juga bertujuan memberikan keterampilan narablog bagi peserta. Baik yang masih pemula maupun yang sudah profesional. Topik pembicaraan yang paling hangat adalah Enterpreneur Blogging. Para narablog bisa belajar menghasilkan uang dari kegiatan blogging.


Seorang tokoh blogger Makassar, Asri Tadda, menjelaskan, menjadi narablog pada dasarnya tidak sekadar untuk hobi. »Jika mau jadi blogger professional, bisa dijadikan profesi untuk meraup keuntungan,” ujarnya. Bahkan, kata dia, seorang blogger professional, yang menjadi blogger untuk tujuan bisnis, bisa meraup keuntungan puluhan juta hingga ratusan juta dalam sebulan.


Asri yang saat ini mengelola ribuan blog pun mengatakan telah merasakan manfaat finansial dari kegiatan blogging. »Untuk beberapa blog yang saya kelola, penghasilan sebulan yang saya dapatkan bisa mencapai ratusan juta,” katanya.


Blog miliknya, ia jelaskan, tidak dikelolanya sendiri. Ia merekrut karyawan yang mengelola blognya dan aktif melakukan update di blog-blog tersebut.


Ada beberapa sumber yang bisa memberikan penghasilan dalam blogging. Namun yang paling besar, kata dia, adalah iklan. Hanya, iklan tidak bisa datang serta-merta. Kuncinya, ia memberikan tip, seorang narablog harus aktif menulis, dan menyajikan artikel-artikel yang paling banyak dicari pengunjung Internet. »Dengan begitu, pengiklan akan datang sendiri karena data kunjungan blog kita akan tercatat di mesin pencari,” ujarnya.

Share this article :

+ komentar + 3 komentar

22 November 2012 pukul 13.34

wah sepertinya event yang seru.......

3 Januari 2013 pukul 13.34

Belum Sempet Gabung mas..
Next time aja ikutnya..

1 April 2013 pukul 04.52

kapan itu sob? saya juga anak makassar tetapi mungkin karna tidak update jadi kurang tahu infonya hhee

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Abib Visual Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger